Belajar menahan diri Dan keinginan..

Sahabat kali ini saya ikut ijin bahas salah satu status sahabat facebook saya, menggeliktik untuk saya bahas karena menarik buat saya,  dan saya yakin kita pun bisa memahami uraian saya atas status sahabat saya tersebut.

Dia menulis statusnya demikian: “Belajar menahan diri n keinginan..cuapeee tenan..”

Sepintas  kalau kita simak status tersebut sangat baik….bahkan mencerminkan pribadi pemilik status tersebut. Dia berupaya terus untuk memperbaiki diri untuk sikap yang terbaik ke depan.

Namun buat saya ada yang menarik dan menggelitik saya untuk mengupasnya lebih dalam lagi. Dari sisi usia sahabat saya ini termasuk usia matang, kehidupannya dulu berkecukupan. Sampai disini sahabat semua mungkin mulai mamahami arah bahasan saya.

Kalau dalam usia demikian masih dalam tahap belajar rasanya sangat keterlaluan, sekian puluh tahun usia yang telah lalu kok gak terpikir atau gak sempat belajar untuk hal demikian.

Alasannya mungkin dapat saya simpulkan seperti ini:

Dulu mungkin dengan berlimpahnya harta benda mau apa aja bisa,  semua keinginannya mungkin hampir tidak ada yang tidak bisa di penuhi. Dia cuma lupa kalau harta berlimpah, uang banyak bukan satu kekekalan.  Cuma lupa sahabat! hehe….

Urusan menahan diri jadi terlupakan, tapi setelah semua tidak ada baru belajar menahan diri, karena memang tidak ada buat untuk memenuhi ragam keinginan seperti dulu.

Satu pelajaran yang dapat kita petik hikmahnya dari kisah ini adalah jangan lupa  belajar menahan diri disaat kita berlimpah materi dan uang, karena ujian sebenarnya saat kita berkecukupan. Kalau semua telah tiada baru menahan diri apa artinya, toh memang tidak ada lagi uang buat dihamburkan.

Nabi Muhammad SAW juga memperingat pada orang yang melampaui batas!

About MTFirdaus

---Jurnalis---

Leave a Reply

